Apa itu Policy, Standard, Guidelines, dan Procedures?

Apakah anda pernah membuat email? pernah membaca Privacy Policy? humh..seperti nya kita jarang memperhatikan hal itu ya šŸ˜€

Ini berkaitan pula dengan bahasan kita sebelumnya yaitu tentang Computer Ethics & Cyber Ethics mari kita pahami apa itu Policy, Standard, Guidelines dan Procedures.

1. Policy

Jika menurut Oxford Dictionaries, policy adalah “a course or principle of action adopted or proposed by an organization or individual” yang maksudnya haluanĀ atauĀ prinsip tindakanĀ yang ditetapkan atau diusulkanĀ oleh organisasiĀ atau individu. Policy atau kebijakan adalah suatu keputusan yang ditetapkan mengenai sebuah kesepakatan diantara individu atau organisasi, contohnya adalah Privacy policy disaat kita akan mendaftarkan diri pada sebuah akun email baik Gmail, Yahoomail, dll. Fungsinya adalah untuk mengotorasi dan mengotentifikasi akses dan ketentuan lainnya supaya si pembuat sistem bisa memberikan akses yang sesuai kepada user.

2. Standard

Standard adalah metode atau ketentuan tertentu dalam mengimplementasikan keamanan dalam sebuah sistem. Contohnya adalah “Required fields” yang harus diisi saat kita mendaftarkan diri pada beberapa situs mail server. Field-field tersebut menjadi standar informasi seorang user. BiasanyaĀ Standard sudah diatur dan dikelola oleh sebuah organisasi tertentu yang sesuai dengan sistemnya, contoh standar dalam website ada pada World Wide Web ConcorsiumĀ  (W3C).

3. Guidelines

Cenderung mirip dengan Standard namun tidak memberikan penekanan atau keharusan terhadap user, atau lebih longgar dalam penerapannya. Guidelines berfungsi untuk memberikan saran (suggestive) bagi user dalam menggunakan sistem.

4. Procedures

Suatu urutan langkah-langkah spesifik yang harus dilakukan oleh user dalam melakukan perintah program dalam mengklarifikasi policy dan standard sebuah sistem. Dalam artian Procedure adalah langkah spesifik yang akan membimbing user untuk tunduk terhadap program dalam sebuah sistem, agar sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan (policy) dan standard.

Pemahaman terhadap keempat hal tersebut berfungsi untuk memberikan kita sebagai user ataupun perancang sistem dalam menggunakan sisteem atau mengembangkan sistem.

Memberikan kita pemahaman mengenai apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam sebuah sistem, apa saja hak dan kewajiban seorang user. Bahkan untuk melindungi proses bisnis dunia IT supaya berjalan dengan lancar tidak saling merugikan satu sama lain antara user dan pemilik atau pengembang software.

By catatanijar

Tinggalkan komentar